Bantu Cegah Percepatan Penurunan Stunting dan Tips Memanajemen Keuangan, Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata Yogyakarta Sosialisasi dengan Media Cetak (Poster)

  • Aug 25, 2023
  • MUFRODI

Mahasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) periode Agustus-September 2023 di Desa Padasugih, Brebes, Jawa Tengah. Kegiatan yang kami lakukan adalah penerapan manajeman keuangan untuk menunjang gizi seimbang kepada para pelaku UMKM. Tujuan dari kegiatan ini adalah unuk mengedukasi masyarakat melalui poster pentingnya penerapan manajemen keuangan untuk menunjang gizi seimbang dalam upaya pencegahan angka stunting di Desa Padasugih, Brebes dan dapat memaksimalkan kegiatan KKN-T kali ini.

Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada Rapat Kerja Nasional BKKBN dimana prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4% di tahun 2021 menjadi 21,6% di 2022. Dalam forum tersebut, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyampaikan bahwa stunting tidak hanya berkaitan dengan tinggi badan saja, tetapi yang lebih serius adalah dampak buruk pada kemampuan belajar anak, keterbelakangan mental, dan risiko munculnya penyakit kronis pada saat dewasa. Presiden menekankan bahwa tujuan yang ia sampaikan adalah mengurangi tingkat stunting menjadi 14% pada tahun 2024.

Presiden juga menekankan bahwa infrastruktur dan lembaga yang ada harus ditingkatkan untuk membantu mengatasi masalah stunting. Ini mencakup aspek lingkungan seperti akses terhadap air bersih, sanitasi yang baik, serta rumah yang sehat. Semua aspek ini harus diintegrasikan dan dikonsolidasikan dalam upaya menangani masalah stunting. Oleh karena itu, kami membuat program dengan menyebarkan poster kepada pelaku UMKM di desa untuk memberikan edukasi kepada Masyarakat untuk pencegahan risiko terjadinya stunting.

Kegiatan telah dilakukan pada hari Jum’at (18/08/2023) jam 09.00 WIB dimana poster disebarkan kepada para pelaku UMKM khususnya warung makan yang menyediakan lauk pauk. Kegiatan diawali dengan mensosialisasikan terkait poster agar penjual memahami maksud dari poster tersebut dan juga tentunya secara tidak langsung memberikan edukasi kepada konsumen melalui poster yang tempelkan pada warung tersebut. Diharap melalui poster sebagai media informasi, masyarakat khusunya di Desa Padasugih, Brebes dapat lebih sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang sebagai upaya peningkatan kualitas kesehatan dan pencegahan terjadinya stunting untuk generasi mendatang.

Kegiatan ini dilakukan oleh Sofyan Baharudin dan Rani Suryasari dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sabta Arif Sabta Aji, S. Gz di Desa Padasugih, Brebes.