Mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata menyelenggarakan lomba mewarnai Makanan Bergizi di Desa Padasugih

  • Aug 25, 2023
  • MUFRODI

Lomba mewarnai makanan bergizi merupakan salah satu kampanye kesehatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Arif Sabta Aji, S.Gz, melalui edukasi secara langsung pada anak tingkat TK / SD kelas 1-3 di Desa Padasugih. Dengan adanya lomba mewarnai makanan bergizi yang bertujuan untuk mengenalkan pada Masyarakat khususnya anak-anak mengenai  pentingnya konsumsi makanan bergizi untuk membantu percepatan penurunan stunting, sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal serta mampu berinovasi dan berkompetisi ditingkat global.

Kondisi tubuh yang pendek biasanya dikaitkan dengan faktor keturunan dari orangtua, sehingga Masyarakat kurang berupaya dalam pencegahannya serta kurangnya pengetahuan terhadap makanan bergizi.

Bersamaan dengan HUT RI ke-78 didesa Padasugih, mahasiswa KKN-T kelompok 04 Brebes Universitas Alma Ata menyelenggarakan lomba Mewarnai Makanan Bergizi sebagai ajang dalam memberikan edukasi secara langsung mengenai makanan bergizi serta diikuti dengan berbagai lomba diantaranya Lomba Sepakbola Corong dan Cantol Ceting. Dalam Upaya ini kami berkolaborasi dengan mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro dalam pelaksanaan  kegiatan tersebut.

Lomba mewarnai makanan bergizi adalah salah satu bagian dari kegiatan KKN-T kelompk 4 Brebes Universitas Alma Ata dengan tema besarnya “Optimalisasi Potensi Daerah Melalui Pendekatan Kesehatan Keluarga untuk Percepatan Penurunan Stunting di Desa Padasugih Kabupaten Brebes”. Lomba ini diadakan untuk memberikan edukasi secara langsung untuk memperdalam pengetahuan anak tentang makanan bergizi dalam Upaya penurunan stunting. Kegiatan ini dapat menambah wawasan serta kreativitas anak mengenai makanan bergizi.

Dengan adanya lomba mewarnai makanan bergizi, di harapkan anak akan menjadi lebih tertarik makan makanan yang bergizi sehingga dapat tercukupi kebutuhan gizi seimbangnya. Didalam gambar terdapat makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah agar anak dapat mengetahui apa saja makanan bergizi yang harus di konsumsi olehnya. Sebelum lomba mewarnai dimulai, kami memberikan sedikit materi kepada para peserta seputar makanan bergizi yang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, buah-buahan, sayuran serta di imbangi dengan mencuci tangan dengan bersih, olahraga setiap hari selama 30 menit serta minum air putih 8 gelas per hari.

Semua peserta tampak antusias dan asik namun tetap sungguh-sungguh dalam menyelesaikan karyanya masing-masing untuk meraih juara. Terdapat 6 kategori juara dalam perlombaan ini, diantaranya juara 1 sampai 3 untuk tingkat TK dan juara 1 sampai 3 untuk tingkat SD. Kejuaraan akan di umumkan pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023 bersamaan dengan kejuaraan lomba-lomba yang lain.

Dengan adanya lomba mewarnai makanan bergizi yang ditujukkan pada anak TK dan SD Padasugih diharapkan dapat berperan penting dalam proses penurunan stunting di desa padasugih sesuai dengan tujuan KKN-T Universitas Alma Ata yang mengusung tema penurunan angka stunting.